1. PENDAHULUAN
Sistem Informasi Profil Desa dan Kelurahan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Prodeskel PMD) merupakan sistem informasi (aplikasi) berbasis Web (Online) dimana pedoman penyusunan dan pendayagunaan datanya berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 (Permendagri 12/2007). Permendagri 12/2007 tersebut merupakan amanat UU 32/2004 tentang pemerintahan daerah dan UU 26/2007 tentang Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) yang diharuskan untuk mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi nasional di bidang Profil Desa dan Kelurahan.
Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan.
Prodeskel PMD adalah sistem informasi yang pengelolaannya oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri. Visi yang hendak dicapai oleh Prodeskel PMD adalah menjadi penyelenggara PUSAT DATA DESA dan KELURAHAN di INDONESIA yang TERINTEGRASI dan BERKELANJUTAN. Pengguna Prodeskel PMD yang diregistrasi mulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional sehingga dimasa kini dan yang akan datang sistem ini berfungsi sebagai sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa dan kelurahan.
Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan. Spesifikasi minimal perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan/menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan.
Prodeskel PMD adalah sistem informasi yang pengelolaannya oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri. Visi yang hendak dicapai oleh Prodeskel PMD adalah menjadi penyelenggara PUSAT DATA DESA dan KELURAHAN di INDONESIA yang TERINTEGRASI dan BERKELANJUTAN. Pengguna Prodeskel PMD yang diregistrasi mulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional sehingga dimasa kini dan yang akan datang sistem ini berfungsi sebagai sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa dan kelurahan.
Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan. Spesifikasi minimal perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan/menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
1.1 PERANGKAT KERAS
Perangkat keras dapat menjalankan aplikasi ini daftarnya adalah sebagai berikut :
• Komputer Personal (Desktop atau Notebook) - (Direkomendasikan)
• Tablet
• Smartphone
• Printer (Opsional)
• Komputer Personal (Desktop atau Notebook) - (Direkomendasikan)
• Tablet
• Smartphone
• Printer (Opsional)
1.2 PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan perangkat keras tersebut diatas adalah sebagai berikut :
• Sistem Operasi :
- Microsoft Windows XP / 7 / 8 untuk Komputer Personal
- Android untuk Tablet dan Smartphone
- MacOS untuk MacBook, iPad dan iPhone
- Windows Phone untuk tablet dan smartphone berbasis Windows
• Printer PDF : Bullzip, CutePDF (opsional), dapat diunduh secara gratis dari internet.
• Sistem Operasi :
- Microsoft Windows XP / 7 / 8 untuk Komputer Personal
- Android untuk Tablet dan Smartphone
- MacOS untuk MacBook, iPad dan iPhone
- Windows Phone untuk tablet dan smartphone berbasis Windows
• Printer PDF : Bullzip, CutePDF (opsional), dapat diunduh secara gratis dari internet.
1.3 KONEKSI INTERNET
Internet (Interconnected Network) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Melalui Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi. Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan internet di dunia menjadikan internet seolah-oleh menjadi dunia sendiri sehingga sering disebut sebagai dunia maya (cyberspace). Internet adalah suatu sistem jaringan komunikasi komputer global yang saling terhubung dengan menggunakan standar Transmission Control Protokol / Internet Protokol (TCP/IP). Koneksi internet dapat diperoleh dengan cara kita membeli kuota atau berlangganan di penyedia jasa internet (ISP), semakin mahal “pada umumnya semakin handal” untuk digunakan. Terdapat beberapa jenis layanan yang umumnya sering digunakan yaitu :
• Koneksi Mobile yaitu layanan koneksi internet menggunakan frekwensi radio GSM atau CDMA. Contohnya : Telkomsel, Indosat, 3, Bolt dan lain-lain.
• Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Telepon Rumah (fixed line). Contohnya : Telkom Speedy
• Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Serat Optik, contohnya : biznet, firstmedia dan lain-lain
• Koneksi Mobile yaitu layanan koneksi internet menggunakan frekwensi radio GSM atau CDMA. Contohnya : Telkomsel, Indosat, 3, Bolt dan lain-lain.
• Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Telepon Rumah (fixed line). Contohnya : Telkom Speedy
• Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Serat Optik, contohnya : biznet, firstmedia dan lain-lain
1.4 PERAMBAN WEB
Web browser (browser), peramban ramatraya disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Menu bar browser memiliki beberapa fasilitas seperti membuka halaman baru, menyimpan copy halaman yang kita kehendaki, cetak halaman, menyimpan riwayat atau halaman-halaman yang pernah kita kunjungi, bookmark alamat, serta pengaturan browser. Bagian browser yang paling sering digunakan adalah alamat web (Address Bar) yaitu bagian browser untuk mengentri alamat web yang akan dituju/dijelajahi. Daftar peramban web populer yang dapat digunakan antara lain adalah :
• Google Chrome - (Direkomendasikan)
• Mozilla Firefox - (Direkomendasikan)
• Internet Explorer
• Opera
• Safari
• Google Chrome - (Direkomendasikan)
• Mozilla Firefox - (Direkomendasikan)
• Internet Explorer
• Opera
• Safari
2. MEMULAI PRODESKEL PMD
2.1 MASUK KE APLIKASI (LOGIN / SIGN IN)
Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang berbasis web sehingga untuk mengaksesnya membutuhkan koneksi internet. Alamat untuk mengakses aplikasi ini adalah : prodeskel.pmd.kemendagri.go.id.
Dalam halaman otentikasi pengguna harus memasukkan kode registrasi atau nama pengguna di kotak teks Kode Registrasi dan kata sandi pada kotak teks Kata Sandi. Jika Kode Registrasi dan Kata Sandi tidak cocok dengan Kode Registrasi dan Kata Sandi dalam basisdata aplikasi ini, maka sistem akan menolaknya
1. Klik tombol Masuk
2. Isi Kode Registrasi dengan kombinasi angka :
a. 10 digit untuk pengguna tingkat Desa/Kelurahan atau
b. 7 digit untuk pengguna tingkat Kecamatan
c. 4 digit untuk pengguna tingkat Kabupaten/Kota
d. 2 digit untuk pengguna tingkat Provinsi
e. Nama login untuk pengguna yang melakukan registrasi di Datakini
3. Isi Kata Sandi dengan kata sandi yang benar
4. Klik tombol Kirim
1. Klik tombol Masuk
2. Isi Kode Registrasi dengan kombinasi angka :
a. 10 digit untuk pengguna tingkat Desa/Kelurahan atau
b. 7 digit untuk pengguna tingkat Kecamatan
c. 4 digit untuk pengguna tingkat Kabupaten/Kota
d. 2 digit untuk pengguna tingkat Provinsi
e. Nama login untuk pengguna yang melakukan registrasi di Datakini
3. Isi Kata Sandi dengan kata sandi yang benar
4. Klik tombol Kirim
2.2 KELUAR DARI APLIKASI (LOGOUT / SIGN OUT
Untuk menjaga keamanan sistem dari pihak-pihak yang berniat “jahat“ sebaiknya setelah selesai dengan seluruh kegiatan pengguna mengamankan data yang sudah dientri dalam sistem ini yaitu dengan cara :
• Klik menu Keluar
• Sistem akan kembali ke halaman Beranda awal
• Seluruh data yang ada tidak dapat dimodifikasi oleh siapapun.
• Klik menu Keluar
• Sistem akan kembali ke halaman Beranda awal
• Seluruh data yang ada tidak dapat dimodifikasi oleh siapapun.
0 komentar:
Posting Komentar